Its Me...!

My photo
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Cool, Calm and Confident

Saturday 28 January 2017

Ngabolang Jogja Rasa Aceh Part #3

Selasa, 3 Januari 2017

Hujan cukup deras dari bada shubuh, mau keluar kamar hotel saja rasanya malas. Padahal suara perut sudah memberikan kode garis keras(hehe...). Akhirnya setelah hujan reda,  sekitar jam 8 pagi kami keluar hotel  untuk mencari sarapan. 

Setelah kemarin seharian explore kulon progo. Hari ini kami akan mengadakan kunjungan kampus sekalian check out dari hotel masjid jogokariyan. Untuk malam terakhir di jogja, kami pindah hotel  agar dekat dengan stasiun.

Sekitar jam 10, jemputan datang… Barral dan Fauzi yang akan mengantar kami  ke UNY. Tapi sebelumnya kami check in hotel terlebih dahulu. Lagi-lagi dibawa muter-muter, efek driver guidenya kelewat pas mau ke hotel. Tapi Cuma saya aja sih, kalau ustazah ella udah sampai duluan bareng Barral. Driver guide saya fauzi, Dua kali jadi driver guide, dua kali dibawa nyasar. Kata drivernya, nyasar mah udah bawaan…. ngeles.com. Tag line khusus buat Mr. Driver… ga seru kalau ga nyasar… (hehe piss ya zi.. )

Museum Pendidikan Indonesia(MPI)  UNY




Setelah check in hotel, kami langsung menuju UNY. Moga ga nyasar lagi yaa… rada deg deg juga, driver guidenya ga tau jalan, karena kami lewat jalan alternative. Alhamdulillah sampai juga di UNY tanpa nyasar (lagi) (haha…).



Salah Satu Contoh Ruang Kelas di MPI UNY



Salah Satu Ruang Koleksi MPI UNY
Kondisi kampus agak sepi, menurut Barral sebagian mahasiswa sudah  mulai libur. Waktu menunjukkan hampir jam 12 siang, kami memutuskan untuk makan siang dan sholat zhuhur . Setelah itu kami mengunjungi museum pendidikan Indonesia UNY. Selama ini yang saya tahu baru ada di UPI, Bandung. UNJ sepertinya belum ada , entah di daerah lain. Museum ini masih dalam tahap pengembangan. Rencana jangka panjangnya akan dijadikan  pusat peneltian perkembangan pendidikan Indonesia.



Setelah dari museum kami mengunjungi perpustakaan utama UNY.  Rencananya didekat perpustakaan  akan dibangunan digital library.  Di era cyber saat ini, digital library memang menjadi sebuah kebutuhan baik bagi mahasiswa maupun dosen. FYI… UNY memiliki 4 kampus, Kampus 1 (pusat) berada di jalan Colombo, Kampus 2 (PGSD dan Psikologi) di Jalan Kenari, Kampus 3 (PGSD) di bantul, Kampus 4 (PGSD) di Wates.  Fakultas yang ada di kampus pusat, FT, FIP, FMIPA, FIK, FIS, FE dan FBS.

Ada sebuah harapan terhadap para pendidik generasi, bahwa bukan sekedar materi yang akan ditransfer ke peserta didik. Konsep diri, ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan, dan menjadi problem solver merupakan  hal sangat penting untuk dapat bertahan tanpa tergilas zaman. Maka kekuatan pribadi para pendidik menjadi modal dasar untuk membangun generasi masa depan. Buya Hamka pernah berkata,

“Bebanmu akan berat, Jiwamu harus kuat.

Tetapi aku percaya, langkahmu akan jaya

Kuatkan pribadimu!”


Salah satu buku yang bisa dibaca calon pendidik yaitu,  Finnish Lessons yang mengupas tentang sistem pendidikan di Finlandia. Di buku ini juga dibahas tentang seleksi penerimaan mahasiswa yang akan masuk ke Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan. Guru merupakan profesi yang “high class” di sana, sehingga proses seleksi masuk menjadi calon pendidik pun sangat ketat. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah bangsa. Kekayaaan alam yang melimpah tak akan ada nilainya jika  SDM tak berkualitas dalam mengelola. Ujungnya hanya eksploitasi yang menguntungkan sebagian golongan. Itulah yang terjadi di sebuah negeri khatulistiwa. 

SDM berkualitas adalah investasi tuk masa depan negeri yang lebih baik. Harapan itu masih ada ! Pemuda  aset bangsa ... bergeraklah !  Banyak orang bermimpi besar, bermimpi melakukan perubahan besar tapi malas untuk sekedar bangun pagi dan membereskan kamar (Teman Imaji, 193). 

Pemuda... bangkit tegak bentang cakrawalamu ! 
Tepiskan kemalasan, lepas  belenggu dungu !





Menjadi guru itu….  Mendidik generasi, membangun peradaban !
so... be humble, keep an open mind and  always want to learn
Be an inspiring teacher… !


Selesai kunjungan di kampus UNY, kita  lanjut ke UIN Jogja. Kali ini akan dipandu oleh nizar, Berangkaat… !

Kampus UIN ini ada dua, Kampus 1 (pusat) di Jl. Adi Sucipto dan Kampus 2 di  Jl. Sambilegi (Fakultas Ekonomi). Kampus pusat juga dibagi 2 tempat, kampus barat dan kampus timur (tinggal nyebrang jalan aja sih).  Di Kampus timur ada gedung yang sedang dibangun untuk  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Fakultas Dakwah dan Ushuluddin dan Perpustakaan. Di Kampus Barat terdapat Fakultas Saintek, Fishum, Tarbiyah dan Syariah.  Ketika memasuki gerbang kampus barat , di sebelah kanan ada bangunan yang unik bertuliskan Laboratorium Agama. Awalnya sempat bertanya-tanya juga, sebenernya ini gedung apa. Kami pun memasuki gedung tersebut, dan ternyata…. Bangunan itu adalah Masjid. Posisi Masjid tepat berada di tengah dengan design yang terbuka,  sehingga udara segar bebas bersliweran (haha… ). Masjid ini terdiri dari dua lantai, bagian atas khusus untuk jamaah perempuan. Di sekeliling masjid terdapat selasar, seperti di Masjid UI. Selasar menjadi tempat berkumpul mahasiswa, belajar , rapat organisasi atau sekedar beristirahat sambil menikmati fasilitas wifi (ini yg paling diminati). Oh, iya… iklan sebentar, kalau ada waktu coba buka selasar.com, media untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan. (Selamat berselasar…. :D)

Kunjungan Kampus kali ini tidak banyak sesi foto-foto, efek hape lowbat dan charger error. Tapi… tetep terekam dalam hati (asiiik…)

Setelah berkeliling kampus, mau kemana lagi ya ?

Minta rekomendasi tempat ke barral dan nizar. Nizar mengusulkan ke bawah jembatan Janti, ada angkringan disana, bisa sekedar minum atau cemal cemil sambil menikmati suasana sore. Okelah, kita lanjut. Kembali blusukan lewat jalan jalan tikus, lewat pinggiran rel kereta api.  Driver guide kali ini lebih tau jalan sepertinya. Walaupun sempat saling kehilangan jejak, kami pun bertemu di jembatan janti.   Ternyata tempat ini memang pusat jajanan dan angkringan berbagai macam jenis makanan. Menurut nizar, tempat ini ramai  sampai sekitar jam 2 pagi.

ngemil sore dibawah fly over 

Hari semakin sore, setelah cemal cemil sambil ngobrol kami pun pulang menuju penginapan untuk beristirahat. Terima kasih barral dan nizar yang sudah menemai keliling kampus dan mengajak makan ditempat  yang “beda” .  I’m enjoy it !

Langit sore yang cantik ya….  (colek barral… haha :D) , What a beautiful day…   


Senja pun bersenandung….

The sky is clear 
The air is clean 
The land is green

The path we walk
The lines we talk
The things we see

Thank you Allah

















No comments:

Post a Comment